Selasa, 16 Desember 2008

Black and White Thought


Memperhatikan bagaimana proses memberi makan otak manusia, dua bagian otak (mammalian dan reptilian) seringkali diberikan makan yang cukup dalam program untuk jangka waktu yang relatif cukup panjang. Sedang bagian yang paling utama untuk membedakan antara manusia dengan binatang (Neo Cortex) tidak atau jarang berikan kesempatan untuk mendapatkan makanan. Individu yang berusaha memberikan makanan pada otak analisanya beresiko mendapat label “Penjahat Program” . Seorang yang berusaha mendapatkan penjelasan riskan dilabel dengan “Low Acceptance”. Seorang yang memiliki kegigihan mencapai ambisinya berteman dekat dengan label “Kompulsif”.

Apakah seburuk itu program yang ada? Tidak yang buruk hanya implementasian program tanpa diikuti kapasitas profesional yang sesuai. Semua program saya percaya bagus walupun belum tentu cocok untuk semua orang.

Jika otak analisa (Neo Cortex) tidak pernah diberi makan yang cukup maka otak lainnya (Mammalian dan Reptilian) akan menjadi begitu dominan. Kemampuan kedua bagian otak tersebut untuk mematikan (shutting down) otak analisa pun semakin tinggi. Jika hal itu sampai terjadi maka akan terbentuk pribadi yang melihat segalanya dalam konteks “hitam dan putih”. Gaya berpikir yang “Pokoknya..” Pendek kata akan muncul robot-robot dalam bentuk manusia. Atau maaf lebih ekstrim lagi “binatang sirkus”. Terdengar kasar sekali tetapi memang dalam melatih binatang sirkus digunakan pendekatan behavioral (conditioning) murni.

Pendekatan behavioral perlu diiringi dengan pendekatan lainnya seperti Kognitif, Biopsychology, Humanistic, Psycho Analys, dsb. Para profesional yang terlibat juga wajib hukumnya memahami lebih dari satu teori pendekatan. Hal ini akan berdampak pada pencapaian yang diperoleh dari program yang dijalankan juga akan relatif lebih cepat dan permanen.

Hal lain yang perlu diwaspadai dengan kapasitas profesional yang terbatas adalah terjadinya “Treatment Based on Culture” bukan “Treatment Based on Needs”.

Individu butuh banyak masukan untuk melakukan sebuah perubahan yang permanen. Seringkali terjadi pembatasan tentang pengetahuan yang diberikan kepada individu di dalam program treatment dengan alasan yang kurang pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar